Pages

October 8, 2012

demapan

DESA MANDIRI PANGAN


DEMAPAN  salah satu kegiatan yang dirancang  dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa untuk mencapai kemandirian pangan  secara berkelanjutan. Ada lima aspek  tujuan demapan didesain yaitu

1.   Sasaran kegiatan rumah tangga miskin 
            atau   prasejahtera.
     2.    Pemberdayaan masyarakat untuk mandiri.
     3.   Modal utama kelimpahan    
            sumberdaya masyarakat desa dan luar desa.
     4.   Kegiatan ekonomi secara kolektif atau sendiri-sendiri untuk menghasilkan pangan atau kemampuan membeli pangan.  
     5. Pada akhirnya masyarakat desa menjadi mandiri dibidang pangan.

Desa Dawuhan adalah salah satu diantara 3 desa di kabupaten kediri yang mendapatkan program DEMAPAN (desa mandiri pangan). Pada  tahun ketiga tahap pengembangan berbagai upaya yang telah dijalankan oleh kelompok  afinitas bersama Tim Pangan Desa dan pendamping diantaranya kegiatan simpan pinjam, pemanfaatan sumber pangan lokal sebagai pangan olahan, pembuatan ketrampilan kardus untuk sasrahan, keranjang sampah serta lumbung pangan.

Berkaitan dengan pangan lokal baru baru ini tepatnya tanggal 27 september 2012 dilaksanakan pelatihan teknis  PENGEMASAN PRODUK PANGAN OLAHAN DAN PROSPEK PASAR dengan melibatkan nara sumber dari Badan Ketahan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Kediri yaitu kepala sub bidang mutu, gizi, dan keamanan pangan bapak DIBYO dan kepala sub bidang konsumsi, penganekaragaman dan pengembangan pangan lokal ibu RIRIN.

Kegiatan tersebut diikuti peserta 20 orang terdiri dari pengurus kelompok afinitas, tim pangan desa dan anggota yang terlibat dalam pembuatan pangan olahan.

Kesimpulan dari kegiatan tersebut peserta mengharapkan peran serta pendamping, BKP3 kabupaten kediri dapat memfasilitasi pengurusan PIRT ( ijin edar makanan dan minuman dari dinas kesehatan ) agar produk-produk yang dihasilkan kelompok  afinitas demapan dapat bersaing dan diterima pasar atau konsumen tanpa adanya keraguan mutu dan keamanan pangan.

 
 Dengan lesehan mereka serius mengikuti kegiatan pelatihan

No comments:

Post a Comment