Pages

June 19, 2015

Hama Penggerek Batang Padi (Sundep & Beluk)

Penggerek batang adalah ulat yang hidup dalam batang padi. Hama ini berubah menjadi ngengat (Kaper) berwarna kuning atau coklat Ngengat aktif di malam hari, penyebarannya dapat dibantu dengan angin sampai 4,5 – 15 km. Ngengat betina dewasa bertelur lebih kurang 200 butir. Satu siklus hidup menghabiskan waktu antara 31 – 49 hari. Telur berkelompok, warnanya putih kekuningan, terletak agak tumpang tindih seperti susunan genting yang dibungkus oleh selaput berwarna coklat muda dan diselubungi oleh bulu yang dikeluarkan oleh ngengat betina ketika mengeluarkan telur, bentuknya oval dan merata. Jumlah telur bervariasi antara 50 – 150 butir per kelompok telur, lama periode inkubasi telur 4 – 8 hari dengan rata-rata 6 hari, telur menetas paling banyak pagi hari (85 %) dan dari telur menetas sebelum pukul satu siang. Ulat (larva) : Stadia ulat mengalami 5 instar, ukuran larva paling besar yaitu 25 mm dengan rata-rata perkembangan 24 hari.
Jenis-Jenis Penggerek Batang Padi
1.    Penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas Walker)
2.    Penggerek batang padi putih (Scirpophaga innotata Walker)
3.    Penggerek batang padi bergaris (Chilo suppressalis Walker)
4.    Penggerek batang padi merah jambu (Sesamia inferens Walker)
Pencegahan dan Pengendalian Pengerek Batang
  1. Waktu panen pemotongan jerami diusahakan serata mungkin dengan permukaan tanah dan kalau mungkin diikuti dengan perendaman atau pembakaran jerami. Pengolahan tanah untuk pesemaian dilakukan bersamaan dengan pembalikan tanah untuk lahan pertanaman.
  2. Pemupukan berimbang membuat tanaman lebih tahan terhadap serangan penggerek batang.        
  3. Musuh alami : Pemangsa Ulat : Capung, laba – laba,  kumbang, jangkrik dan semut, Pemangsa telur Trichograma spp.
  4. Menggunakan Light Trap (Lampu Perangkap) untuk menjebak ngengat masuk dalam perangkap.
  5. Pengendalian secara organik : Biji Mimba ditumbuk halus dicampur daun mimba, tembakau dan urin sapi terus didiamkan selama 2 minggu. Dapat disemprotkan dengan dicampur air perbandingan  1: 8. 
  6. Pengendalian secara kimiawi : Furadan 3G, Fertera ditabur ketika dipersemaian dan sesudah tanam. Insektisida Sistemik dengan cara disemprot : Trisula, Spontan, Manuver, Regent, Virtako. Cara ini efektif apabila penggerek batang masih dalam bentuk ulat.
Light Trap
 
Mimba
Trichograma spp













    

No comments:

Post a Comment