Pages

Subscribe:

4 Agustus 2012

KEGIATAN SLPHT JAGUNG




Kamis,tanggal 26 Juli 2012 kelompoktani  Budi Luhur III  desa Bulu kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Pagi itu jam masih menunjukkan angka 09.00 WIB, ada yang nampak lain dari biasanya, sekelompok orang sedang berkumpul di tengah areal pertanaman jagung  sedang  melakukan kegiatan SLPHT Jagung berupa pre test dengan menggunakan metode baloot box,  
hal ini dilakukan  menurut petani awalnya masih asing dengan kegiatan memasukkan jawaban ke kotak kue yang ditancapkan ditengah – tengan  areal tanaman jagung. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan awal petani  yang dimiliki sebelum pelaksanaan SLPHT.

 Kegiatan SLPHT bermaksud membahas mengenai berbagai masalah yang dialami para petani dan melaksanakan praktik, mengamati hama, penyakit dan musuh alami (predator) di pesawahan . Kegiatan SLPHT Tanaman Jagung dilaksanakan 12 kali pertemuan selama musim tanam jagung setiap hari  Kamis  dari pukul 07.00-12.00.

Sekolah Lapang  ini dilaksanakan di bawah bimbingan  pemandu POPT, petani yang telah melaksanakan SLPHT  dan TIM PPL Kecamatan  Purwoasri.  Respon dan tingkat partisipasi petani dalam kegiatan ini cukup baik, karena pada setiap pertemuan SLPHT setiap anggota kelompoktani yang berjumlah 25 Orang tiap kali pertemuan berperan aktif mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, topik pembahasan yang dibahas setiap pertemuan merupakan kendala yang petani hadapi di lapangan.

Manfaat SLPHT bagi petani yaitu dapat mengatasi masalah OPT  yang dihadapi dalam kegiatan usahataninya, sehingga produktifitasnya dapat  meningkat  dan sejahtera kehidupannya. Dan tidak kalah pentingnya petani dapat  mengetahui  prinsip – prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT).


0 komentar:

Poskan Komentar