Pages

February 2, 2014

PENGENDALIAN TIKUS

umur padi sudah memasuki masa premordia atau bunting, yang perlu diwaspadai berkaitan dengan Organisme Penganggu Tanaman (OPT) hama tikus , walang sangit dan wereng sedangkan penyakit yang sering muncul saat musim hujan yaitu blas atau potong leher dan kresek atau xanthomonas. berkut akan kami sajikan pengendalian secara teknis pada tanaman padi utamanya hama tikus.


TIKUS
Binatang ini sangat cerdik oleh karena itu perlu kecerdikan petani. dalam upaya pengendalian dengan pembersihan semak-semak disekitar tanaman .  Dari pengalaman petani dengan tanam jajar legowo bisa mengurangi serangan hama tikus. karena biasanya tikus senang menyerang ditengah - tengah areal tanaman padi.
upaya lain dengan memasang umpan  tetapi tahap ke dua atau ketiga baru dicampur dengan racun, ada pengalaman menarik dari petani yatu dedak dicampur dengan semen diberikan dengan perbandingan 1 :1 ternyata hasilnya cukup sukses......... ada juga disekitar tanaman padi diberi pelepah daun pisang dengan harapan menakut nakuti  tikus yang seakan akan menyerupai ular...............  SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment